Umpan Balik atau Feedback adalah dua kata jadian /
bentukan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari kata feed (artinya: memberi makan) dan back (artinya: kembali). Arti harfiah
kata ini adalah “memberi makan kembali”, tapi makna yang sebenarnya adalah “memberi
masukan kembali”.
Pengertian Umpan Balik
o
Dalam ilmu sosial, khususnya Ilmu Komunikasi,
pengertian feedback atau umpan Balik adalah suatu proses dimana seseorang memberitahu
berdasarkan perasaan dan pengamatannya tentang tingkah laku atau sikap
seseorang.
o
Tujuan Umpan balik adalah untuk membantu
perkembangan kepribadain seseorang demi kebaikannya.
umpan balik yang diberikan tersebut sangat berguna
bagi seseorang untuk mengetahui apakah perilakunya (pada saat ia melakukan
komunikasi) telah benar-benar efektif mencapai sasarannya atau justru malah
mengacaukan usaha dalam mencapai sasaran yang diinginkannya.
Simulasi
·
Mohon
Siapkan kertas…
·
Mohon
perhatikan Instruksi
Jenis-jenis Umpan Balik
·
Umpan
balik positif.
Setiap hasil yang baik, pujian, promosi, penghargaan
dan lain sebagainya.Hal ini juga dapat memberitahu kita jika kita berada pada
jalur yang benar atau melakukan hal yang benar.
·
Umpan
balik negatif.
Kebanyakan orang tidak memilih jenis umpan balik ini.
dikarenakan dapat menunjukkan kritik, ketidakbahagiaan, keluhan, kurangnya
hasil, rasa sakit, dan sebagainya. Padahal informasi ini sangat berguna sama
seperti pada umpan balik positif. Hal ini dapat memberitahu Anda apakah Anda
mungkin akan menuju ke arah yang salah, melakukan hal yang salah atau bahkan
pergi ke jalur yang salah. Jenis informasi yang hampir tak ternilai untuk hasil
yang kita inginkan untuk sukses.
Syarat-syarat pemberian umpan balik
11. Deskriptif,
bukan evaluatif
Feedback yang
evaluatif cenderung mengganggu emosi penerima ketimbang memberi ide yang dapat
dipikirkan dan ditindaklanjuti. Dengan memberi feedback yang deskriptif, kita
juga sebetulnya menghindari pelabelan yang dapat membuat penerima menolak
karena terhina, bukan karena ide kita buruk.
Misalnya
”Apa yang Anda
bicarakan adalah ngawur!”
”Apa yang Anda
sampaikan berbeda dengan tujuan diskusi ini.”
22. Spesifik
memberikan
feedback dengan alasan yang spesifik
”Performa
kelompok ini buruk sekali!”
”Kelompok ini
memproduksi 10 unit, sementara kelompok lain memproduksi 15”
33. Apresiatif
Kadang kita
hanya fokus pada hal yang perlu diperbaiki, tapi lupa hal yang perlu
dipertahankan. Ungkap pula hal positif agar performa dari orang bertahan dan
meningkat.
44. Sesegera mungkin
Jangan menunda. Feedback yang diberikan
terlalu lama akan membuat orang terlambat memperbaiki diri. Meski disarankan
sesegera mungkin, namun perhatikan pula kondisi emosi si penerima.
55. Sebelum memberi feedback, boleh
juga minta klarifikasi
Adakalanya kita perlu meminta klarifikasi sebelum
menyampaikan feedback agar feedback yang kita beri bisa akurat. Misalnya
”Anda melakukan itu dengan tujuan….,
betul apa yang saya tangkap? Nah, menurut saya….”
86. Gunakan bahasa pengganti orang yang tepat
Kata pengganti orang yang tepat memberikan
kejelasan tentang siapa yang memberi umpan balik. Yaitu:“Menurut saya….” Namun,
bila sudah ada kesepakatan kelompok, maka sampaikan “Menurut kami…”
97. Minta klarifikasi setelah memberi
Feedback
”Apakah masukan saya mudah untuk dipahami?”
18. Beri
alternatif solusi
Ingat feedback
itu disampaikan untuk kemajuan bersama dan bukan bertujuan untuk menguji atau
mengetest seseorang apalagi membuat Anda terlihat hebat. Karenanya, bila Anda tahu ada
alternatif-alternatif solusi, maka sampaikan pula dengan jelas dan terbuka.
Syarat menerima umpan balik
·
Dengarkan secara aktif.
Gunakan
teknik-teknik mendengar aktif. Dengarkan tanpa prasangka, ikuti sambil tandai,
khususnya, hal-hal yang menurut Anda belum jelas/ terlalu umum.
·
Tanyakan hal-hal yang belum jelas.
Jangan
langsung menjawab bila Anda belum paham betul. Tanyakan saja hal-hal yang Anda
temukan sewaktu mendengar aktif.
·
Jangan difensif.
idak ada
gunanya berlaku defensif. Anda bisa saja salah, jadi dari pada membuang masukan
yang berharga. Dengarkan dan bersikaplah terbuka.
·
Berterimakasihlah.
Pahami bahwa
orang memberi feedback dengan usaha dan berniat untuk kemajuan Anda. Jadi,
hargai usaha mereka, berterimakasihlah.
Jadi ???
Bagaimanakah karakter kKepribadian anda dari dua karakter kepribadian Johari Window ??
0 comments:
Post a Comment