Wednesday 13 November 2013

Apa itu Umpan Balik ? ( Metode Pemahaman Mudah )








Apa Itu Umpan Balik ?? 

Umpan Balik atau Feedback adalah dua kata jadian / bentukan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari kata feed (artinya: memberi makan) dan back (artinya: kembali). Arti harfiah kata ini adalah “memberi makan kembali”, tapi makna yang sebenarnya adalah “memberi masukan kembali”.

Pengertian Umpan Balik


o   Dalam ilmu sosial, khususnya Ilmu Komunikasi, pengertian feedback atau umpan Balik adalah suatu proses dimana seseorang memberitahu berdasarkan perasaan dan pengamatannya tentang tingkah laku atau sikap seseorang.

o   Tujuan Umpan balik adalah untuk membantu perkembangan kepribadain seseorang demi kebaikannya.
umpan balik yang diberikan tersebut sangat berguna bagi seseorang untuk mengetahui apakah perilakunya (pada saat ia melakukan komunikasi) telah benar-benar efektif mencapai sasarannya atau justru malah mengacaukan usaha dalam mencapai sasaran yang diinginkannya.

Simulasi

·         Mohon Siapkan kertas…
·         Mohon perhatikan Instruksi


Jenis-jenis Umpan Balik

·         Umpan balik positif.
Setiap hasil yang baik, pujian, promosi, penghargaan dan lain sebagainya.Hal ini juga dapat memberitahu kita jika kita berada pada jalur yang benar atau melakukan hal yang benar.

·         Umpan balik negatif.
Kebanyakan orang tidak memilih jenis umpan balik ini. dikarenakan dapat menunjukkan kritik, ketidakbahagiaan, keluhan, kurangnya hasil, rasa sakit, dan sebagainya. Padahal informasi ini sangat berguna sama seperti pada umpan balik positif. Hal ini dapat memberitahu Anda apakah Anda mungkin akan menuju ke arah yang salah, melakukan hal yang salah atau bahkan pergi ke jalur yang salah. Jenis informasi yang hampir tak ternilai untuk hasil yang kita inginkan untuk sukses. 

Syarat-syarat pemberian umpan balik

11.    Deskriptif, bukan evaluatif
 Feedback yang evaluatif cenderung mengganggu emosi penerima ketimbang memberi ide yang  dapat dipikirkan dan ditindaklanjuti. Dengan memberi feedback yang deskriptif, kita juga  sebetulnya menghindari pelabelan yang dapat membuat penerima menolak karena terhina, bukan  karena ide kita buruk.
 Misalnya
 ”Apa yang Anda bicarakan adalah ngawur!”
 ”Apa yang Anda sampaikan berbeda dengan tujuan diskusi ini.”

22.   Spesifik
 memberikan feedback dengan alasan yang spesifik
 ”Performa kelompok ini buruk sekali!”
 ”Kelompok ini memproduksi 10 unit, sementara kelompok lain memproduksi 15”

33.  Apresiatif
 Kadang kita hanya fokus pada hal yang perlu diperbaiki, tapi lupa hal yang perlu dipertahankan.  Ungkap pula hal positif agar performa dari orang bertahan dan meningkat.

44.   Sesegera mungkin
Jangan menunda. Feedback yang diberikan terlalu lama akan membuat orang terlambat memperbaiki diri. Meski disarankan sesegera mungkin, namun perhatikan pula kondisi emosi si penerima.

55.    Sebelum memberi feedback, boleh juga minta klarifikasi
Adakalanya kita perlu meminta klarifikasi sebelum menyampaikan feedback agar feedback yang kita beri bisa akurat. Misalnya ”Anda melakukan itu dengan tujuan…., betul apa yang saya tangkap? Nah, menurut saya….”

86.    Gunakan bahasa pengganti orang yang tepat
Kata pengganti orang yang tepat memberikan kejelasan tentang siapa yang memberi umpan balik. Yaitu:“Menurut saya….” Namun, bila sudah ada kesepakatan kelompok, maka sampaikan “Menurut kami…”

97.    Minta klarifikasi setelah memberi Feedback
”Apakah masukan saya mudah untuk dipahami?”

18.  Beri alternatif solusi
Ingat feedback itu disampaikan untuk kemajuan bersama dan bukan bertujuan untuk menguji atau mengetest seseorang apalagi membuat Anda terlihat hebat. Karenanya, bila Anda tahu ada alternatif-alternatif solusi, maka sampaikan pula dengan jelas dan terbuka.

Syarat menerima umpan balik

·         Dengarkan secara aktif.
Gunakan teknik-teknik mendengar aktif. Dengarkan tanpa prasangka, ikuti sambil tandai, khususnya, hal-hal yang menurut Anda belum jelas/ terlalu umum.

·         Tanyakan hal-hal yang belum jelas.
Jangan langsung menjawab bila Anda belum paham betul. Tanyakan saja hal-hal yang Anda temukan sewaktu mendengar aktif.

·         Jangan difensif.
idak ada gunanya berlaku defensif. Anda bisa saja salah, jadi dari pada membuang masukan yang berharga. Dengarkan dan bersikaplah terbuka.
·         Berterimakasihlah.

Pahami bahwa orang memberi feedback dengan usaha dan berniat untuk kemajuan Anda. Jadi, hargai usaha mereka, berterimakasihlah.







Jadi ???

Bagaimanakah karakter kKepribadian anda dari dua karakter kepribadian Johari Window ??




















































0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More