Sunday 10 November 2013

PELUANG BISNIS SERVICE DAN SPAREPART HANDPHONE CHINA


Didalam perkembangan ekonomi saat ini, peluang bisnis dalam dunia elektronik sangat mendukung untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar apalagi dalam dunia bisnis handphone yang bermerk dari China, karena semakin banyak pula pembisnis dalam bidang penjualan handphone China. Selain, maraknya bisnis penjualan handphone China merajalela. Kita bisa membuka untuk dunia servicenya, karena produk – produk yang telah diperjual belikan itu memiliki kualitas yag kurang baik. Karena itu daya tahan sebuah handphone China tidak cukup lama dari jangka waktu pembelian awal.
Dengan mendirikan Service Handphone China Shop dengan memiliki kualitas service yang bagus dan menggunakan sperepart yang berkualitas. Sehingga untuk setiap konsumennya tidak perlu khawatir dalam menggunakan handphone China. Dengan cara perawatan yang baik dan kualitas service yang baik, maka daya tahan sebuah handphone China pun akan tahan lama.

Perkembangan telepon seluler sekarang ini juga menjadi menarik untuk disimak karena konvergensi teknologi yang sekarang terjadi mengisyaratkan kita bahwa kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini tidak memiliki batas sama sekali. Tampaknya sudah tidak ada lagi batasan yang jelas antara berbagai teknologi yang tersedia sekarang ini di pasaran yang semuanya menjadi sebuah kesatuan dan berbagai fungsi terkumpul dalam sebuah perangkat jika dibandingkan dengan jaman dulu perkembangan teknologi handphone tidak berkembang pesat seperti sekarang ini dapat di lihat dari model handphone jaman dulu desainnya sangat sederhana dan lebih cenderung simple, tidak seperti jaman sekarang, model handphone banyak yang berbentuk unik dan besar. Pada industri ponsel, dapat di

lihat fenomena terlihat dengan semakin banyaknya perangkat ponsel yang penuh dengan berbagai ragam kemampuan multimedia, dan bahkan pada model-model tertentu sudah bisa menjadi fungsi komputer dengan kecepatan komputasi yang setara ketika komputer pertama kali digunakan secara massal oleh konsumen.

Tujuan
Tuntutan dalam bisnis ini karena banyak produk yang tidak mempunyai kualitas yang cukup bagus hanya menghandalkan model dan bentuk saja. Seperti barang tiruan yang makin marak muncul di Negara kita ini, hanya pakai beberapa bulan bahkan hanya baru beberapa minggu, kondisi handphone sudah rusak. Apalagi pada kondisi charger yang sering kali pertama rusak dari pada handphone.

Manfaat
Agar setiap masyarakat daerah maupun luar daerah yang memiliki kendala pada handphone yang di produksi oleh Negeri Matahari Terbit (China) tidak perlu repot untuk menservis handphonenya itu harus ke Jakarta yang mempunyai pusat Service Handphone produk dari China. Dengan kualitas yang tidak kalah banding kualitas service yang ada di Jakarta.

1. Situasi Saat Ini
Semakin maraknya handphone China yang menawarkan harga yang relatif murah dengan model bentuk yang tidak kalah saing dengan handphone yang sedang trend saat ini, hanya yang membedakan kualitas yang asli dah harga yang cukup jauh bedanya. Kualitas yang di keluarkan handphone China hanya bisa bertahan tidak selama dengan kualitas yang dimiliki kualitas dari China. Walapun handphone itu bisa bertahan, tetapi tetap saja ada yang harus di servis. Kini tidak bisa membedakan barang seperti handphone merk yang asli dengan yang tiruan. fitur lengkap harganya murah. Ponsel China kini semakin diburu oleh banyak orang. Selain fitur PONSEL CHINA yang terbilang lengkap. Maraknya situs jejaring sosial seperti facebook, fs, dan perubahan selera konsumen yang kini beralih ke format qwerty mendongkrak penjualan ponsel China.

2. Masalah
Semakin banyak pengguna handphone China, maka semakin banyak pula keluahan yang di dapat masyarakat yang memilih menggunakannya. Kekuatan yang dimiliki handphone tersebuut sangat rendah sehingga banyak peluang untuk membuka bisnis Service Handphone China bahkan menyedikan sperepartnya jauh lebih bagus dan lebih menguntungkan untuk sekarang. Yang sering menjadi kendala pada handphone China adalah pada bagian Plag In (socket untuk charger), Buzer/Speaker, dan yang paling banyak adalah pada bagian IC SIM dan IC Flash.

Dari keluhan yang sering terjadi di masyarakat tentang penggunaan dan kualitas handphone China, dan masalah tempat untuk memperbaiki (Service Shop) yang sangat jarang dan hanya terdapat dikota – kota besar saja seperti Kota Jakarta dan jika ada di daerah biasa tempat perbaikan handphone hanya menyediakan perbaikan untuk merk handphone yang sudah banyak sperepartnya seperti Nokia, Sony, Samsung, LG dan lain – lain, sedangkan untuk handphone yang bermerk China yang sedang marak sekarang – sekarng ini sangat jarang yang membuka usaha service, jika ada pun, harganya sangat tidak terjangkau.

Karena biaya yang dikeluarkan untuk memperbaikinya sama dengan membeli handphone yang baru dan waktu untuk menunggu masa perbaikan tidak sebentar karena faktor sperepart yang kurang sehingga butuh waktu untuk mendapatkannya.

3. Solusi
Dengan mendirikan sebuah Servive Shop Handphone China yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan terjamin akan sperepart yang digunakan tahan lama. Dengan mempekerjakan karyawan yang ahli dalam bidangnya dan memiliki rasa tanggung jawab adalah modal yang sangat efektif dalam membangun usaha ini. Menyediakan alat – alat dan sperepart yang lengkap dan berkualitas itu sudah lebih dari cukup, karena faktor – faktor yang sangat mendukung itulah yang membuat konsumen merasa tidak kecewa atas pelayanan dan kerja para karyawan yang baik dan professional. Tetapi disamping setelah kualitas service yang telah diberikan oleh perusahaan kecil kami, setidaknya para konsumen juga harus bisa merawatnya dan jika ingin membeli sebuah handphone hendaknya perhatikan hal – hal berikut :

  • Pastikan merk ponsel cina tersebut dilindungi garansi resmi dari produsen ponsel, pemilik merk atau distributor resminya, bukand ari toko penjual.
  • Pastikan lama garansi ponsel cina tersebut mencukupi, setidaknya selama satu tahun.
  • Pastikan sentra servisnya ada, beroprasi pada jam-jam kerja normal, berlokasi di kota-kota utama di Indonesia tidak hanya di Jakarta.
  • Perhatikan ketersediaam suku cadang atau spare partnya.
  • Perhatikan material, konstruksi, warna dan finishing. Bila terkesan amat ringkih lupakan saja.
  • Periksa paket pembelian standar dan kelengkapan aksesoris.
  • Ponsel yang di jual di Indonesia harus dilengkapi sertifikat dari Ditjen Postel dan dilengkapi pula dengan buku manual berbahasa Indonesia atau bahasa yang bisa anda mengerti.
  • Bila anda memutuskan untuk membeli ponsel cina tersebut, lakukan test dahulu di hadapan penjualnya, untuk memastikan kinerja sesuai ekspektasi anda, termasuk hal yang paling sederhana sekalipun, seperti fungsi tombol, signal, lampu dan lain – lain.

NB : Dari keterangan di atas jelas kita harus selektif dalam memilih dan tidak semua Handphone China tidak berkualitas.

4. Peluang Bisnis untuk Masa Depan
Karena semakin banyaknya produksi handphone China dan perkembangan teknologi yang semakin canggih dengan waktu yang sangat cepat dengan tawaran fitur yang membuat daya tarik pembeli semakin banyak pengguna, maka semakin banyak peluang yang sangat besar untuk terjun dalam dunia usaha service handphone China.

Kesimpulan
Dalam dunia bisnis saat ini sangat dibutuhkan keahlian dan kreatifitas dalam persaingan bisnis. Karena untuk mencapai semua itu harus memiliki keahlian yang professional, menjaga kualitas produk, dan memberikan pelayanan yang baik.
Semoga dengan adanya peluang bisnis ini menjadi sebuah kesempatan untuk memperluas lapangan kerja dan menjadi semua pengguna handphone China bisa memperbaiki jika ada kendala pada handphonenya.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More